2020-11-28

Menelusuri Sejarah dan Keindahan Kota Budaya Thrissur (Trichur) Bagian 2

Kali ini kita akan menilik beberapa lokasi menarik yang tentunya akan membuat Anda ingin berkunjung ke Thrissur.

1. Kuil Vadakkunathan Kshetram

Berdiri megah dengan arsitektur Kerala klasik, salah satu kuil Hindu tertua di Kerala ini memahkotai sebuah bukit rendah di jantung kota Thrissur. Kuil ini didedikasikan untuk dewa Siwa dan meskipun bentuknya yang sekarang berasal dari abad 16 hingga 17, akarnya berasal dari abad ke-9. Hanya umat Hindu yang diizinkan masuk, namun ukiran kayu yang rumit di gerbang utamanya patut dikagumi dan taman di sekitarnya adalah tempat yang populer untuk tinggal berlama-lama.

2. Kuil Paramekkavu Bhagavathy

Ini adalah salah satu kuil Bhagavathy terbesar di Kerala. Dewa utamanya adalah Devi Vaishnavy, inkarnasi Dewi Durga, yang diyakini telah datang ke sini bersama dengan Kuruppal (kepala keluarga aristokrat Nair) dari Thirumadhamkunnu, di atas payungnya.

3. Kuil Thiruvambadi Sri Krishna

Kuil ini awalnya terletak di sebuah desa 15 km dari Thrissur. Dewa utamanya adalah Dewa Krishna dan Dewi Bhadrakali. Ada sub-kuil untuk Dewa Ganesha, Dewa Sastha dan Brahmarakshas. Kuil ini adalah salah satu dari dua kelompok saingan yang berpartisipasi dalam Thrissur Pooram, yang merupakan festival lokal terbesar di Kerala. Setiap hari Devaswom-nya (perserikatan agama Hindu) memberikan makan siang gratis.

4. Museum Arkeologi

Museum Arkeologi yang telah diperbaharui ini bertempat di Istana Sakthan Thampuran yang berusia 200 tahun, dibangun dengan gaya Kerala-Belanda. Artefaknya meliputi patung perunggu Kerala abad ke-12, tembikar raksasa, persenjataan, koin, dan papan catur berukir yang indah. Di sampingnya adalah taman pusaka yang rindang.

5. Basilica of Our Lady of Dolours

Mudah dikenali oleh karena menara tinggi bercat putih dan kemegahan neo-Gotik, gereja Katolik ini didirikan pada tahun 1925. Interiornya yang substansial dikatakan sebagai salah satu yang terbesar di India Selatan.

6. Gereja Marth Mariam

Dengan tampak muka bergaya barok, Gereja Marth Mariam 1814 adalah markas besar komunitas Suriah Khaldea India; gereja ini unik karena kurang memajang gambar Yesus.

7. Katedral Our Lady of Lourdes

Sebuah gereja kecil terlebih dahulu dibangun di situs katedral besar ini pada tahun 1585. Selain pintu-pintu berukir kayu, eksterior bercat putih yang menjulang tinggi dan kapel depan dari tahun 1933, katedral ini juga memiliki tempat suci bawah tanah.

8. Masjid Cheraman Juma

Sebuah legenda mengklaim bahwa masjid ini dibangun pada 629 M, yang menjadikannya masjid pertama di India dan masjid tertua di anak benua India. Masjid Cheraman Juma dibangun oleh Malik Deenar dari Persia, sahabat Nabi Muhammad, atas perintah penerus Cheraman Perumal Tajuddin, Raja Chera dari Kerala modern. Masjid ini dibangun dalam gaya Kerala dengan lampu gantung.

9. Air Terjun Athirappilly

Ini adalah air terjun terbesar di Kerala, yang berdiri setinggi 80 kaki. Sering disebut juga Niagara versi India. Tidak jauh dari sini, ada air terjun Vazhachal yang juga cukup dikenal.

10. Kauthuka Park

Jika Anda berkunjung ke air terjun, jangan lupa mengunjungi Kauthuka Park, cagar alam dengan beragam satwa liar dan pemandangan indah.